Pengalaman - Masuk Perguruan Tinggi

4/16/2014

Hay - Assalammualaikum

Selamat malam kamu yang lagi baca. Semoga keadaan mu selalu sehat yo.
Malam ini bingung mau cerita apa. Kalau berbagi tugas lagi, jangan deh, takut kamu nya riwet. Mending kayaknya malam ini aku cerita sesuatu.

Inget nih, minggu ini minggu - minggu anak SMA lagi UN. Aku doain deh tahun ini anak - anak SMA Indonesia LULUS 100% ! Amin. Nah, kayaknya mending sekarang aku cerita tentang awal pendaftaran masuk perguruan tinggi sama kehidupan anak kampus. Mungkin kamu yang baca yang masih SMA atau yang besok baru lulus SMA dan ingin lanjut ke perguruan tinggi cerita aku ini bisa memberikan sedikit info.


Awal nya dari pendaftaran SNMPTN dulu aja. Dulu itu aku SNMPTN daftar IPC. Kenapa IPC? Karena dulu waktu SMA aku anak IPA tapi hati di IPS. Ada? Ada ! ya ini, aku. Dulu emang salah jurusan. Pengen masuk IPS malah dimasukin ke IPA. Lanjut, nah waktu nentuin jurusan sama mau milih universitas mana itu bingung banget. Asli, galau banget. Apalagi waktu itu ga ngerti pelajaran IPA sama sekali, apalagi IPS. Ikut les intensif kayaknya juga ngaruhnya nambah ilmu dikit banget. Jadinya waktu itu sok - sok an pilih juruan Geografi & Ilmu Lingkungan - UGM (IPA), Komunikasi & Pengembangan Masyarakat - IPB (IPA) sama Ilmu Hubungan Internasional - Unand (IPS). Kenapa pilih jurusan ini? pertama sepertinya ini petunjuk abis sholat, terus Geografi sama Komunikasi kan kayaknya pelajarannya tentang IPS walaupun di ujian masuknya ke IPA, lagian waktu itu juga ga tau masa depan mau jadi apa, parah ga? makanya bagi kamu yang masih belum lulus SMA atau yang mau masuk kuliah tentuin dari sekarang kamu mau jadi apa terus kuliah mau ambil jurusan apa sama perguruan tinggi mana yang mau kamu masukin.

Nah, pas pengumuman ternyata gagal. Sedih? pasti lah, banget malah. Tapi, jadi seneng gara - gara temen sekomplek yang lulus SNMPTN kalo ga salah cuma satu orang. Berarti yang lain ga lulus dong, ada temennya lah *ngakak*. Awalnya bingung mau ngapain lagi padahal waktu itu banyak progam ekstensi S1 / D3 PTN sama PTS di Kota Padang. Pengennya ikut semua, tapi orang tua gaa izinin, cuma boleh ikut satu ekstensi di PTN sama satu di PTS. Terus waktu itu aku juga pengennya kuliah di Jogja. Yaudah, waktu itu ikut ekstensi Unand ambil Antropologi Sosial sama Ilmu Komunikasi juga ikut test nilai raport sama nilai UN di UMY ambil Ilmu Komunikasi juga. Waktu milih jurusan -jurusan ini sih maih belum tau juga info lengkap tentang jurusan ini, parah ga? ga takut salah jurusan? takut banget. Waktu itu cuma bisa tawakal sama Allah.

Bleess, nunggu 3 minggu, pengumuman nya selisih sehari nih. Awalnya pengumuman dari UMY. Inget banget, waktu bulan puasa, abis sholat subuh dapat sms dari temen kalo aku lulus di Ilmu Komunikasi - UMY. Seneng banget. Udah ga peduli sama pengumuman di Unand. Nah, besoknya pengumuman Unand keluar. Alhamdulillah, lulus lagi di jurusan Antropologi Sosial. Senengnya kebangetan waktu itu. Tapi, seketika galau mau milih yang mana. Unand itu PTN, UMY itu PTS. Unand itu deket satu kota, UMY itu jauh banget nyebrang pulau. Waktu itu cuma bisa istikharah. Akhirnya pilih UMY. Nekat jauh dari orang tua, pengen hidup mandiri.

Ya di sinilah aku sekarang, mahasiswa semester 4 Ilmu Komunikasi - UMY. Kalo ada yang naya salah jurusan ga? setelah merasakan sampai semester ini, aku masih berani jawab 'Enggak' ! Walaupun banyak tugasnya pake banget, cukup melelahkan, tapi jurusan ini universitas ini bukan cuma sekedar ngasih tugas tapi juga ngasih portofolio buat mahasiswanya ! ini kuasa Allah banget. Syukur alhamdulillah !


Okay, cukup sekian guys ! InsyaAllah masih ada sambungannya. Thanks buat kamu yang udah baca.

You Might Also Like

0 komentar