Film tentang Guru

12/11/2014

Hai
Assaalammu'alaikum...


Ketemu lagi nih di kedua kalinya di hari ini,
Disini gue mau sharing film yang barusan gue tonton, Tau sendirikan gue bener - bener lagi ga ada kerjaan, jadi kerjaan gue tiap hari cuma nonton pilem. film nya beneran deh keren banget. Beberapa hari yang lalu gue ga sengaja nemu ini film disalah satu warnet depan kampus gue. Judulnya Teacher's Diary atau dalam bahasa Thailandnya คิดถึงวิทยา, Kid tueng wittaya. Pemainnya Laila Boonyasak sebagai Guru Ann dan Sukrit Wisetkaew sebagai guru Song. ga cuma dua orang sih pemainnya, ada beberapa lagi yang lainnya ada kepala sekolah, pacar - pacar mereka, temannya, murid - muridnya dan banyak lagi.

Penampakan poster film Teacher's Diary
Jadi di film ini menceritakan dua orang guru yang diasingkan di salah satu sekolah terpencil di Thailand sana. Ga tau sih tepatnya di mana, tapi bener - bener terpencil. Bayangin aja sekolahnya ada ditengah - tengah laut atau danau gitu, ga ada pondasi, cuma di iket ke tiang - tiang kayaknya, namanya sekolah kapal. Bener - bener cobaan bagi mereka berdua dipindahin ke sekolah kayak gini. Mereka harus hidup 24 jam disekolah tersebut sama murid - muridnya dan pulang ke kota waktu akhir pekan.
Tapi diceritain mereka ga ngajar dalam waktu bersamaan. Guru Ann ngajar di sekolah ini lebih dulu sebelum Guru Song. Nah, selama mengajar dari hari pertama sampe dia mengundurkan diri, guru Ann selalu nulis kehidupannya dia di sebuah diary. Gimana susahnya hidup di sekolah kapal, cara ngajar yang baik bahkan sampe kehidupan cintanya si guru Ann juga ada di diary tersebut. Yakali, bayangin aja di sekolah kapal tersebut ga ada listrik, minim air bersih, sampe ketemu mayat di sekolah mereka. Tapi kalau guru udah beneran 'niat' mah bakal dilalui dengan sabar semua nya. Sebelum si guru Ann berhenti mengajar di sekolah kapal dengan alasan mau menikah, dia ninggalin diarynya dia di atas papan tulis kelas. Diary ini lah yang ditemuin Guru Song dan menjadi pedoman Guru Song selama mengajar dan hidup di sekolah kapal. Tiap hari Guru Song baca tuh diarynya guru Ann sampe dia kagum terus jatuh cinta sama si guru Ann walaupun ga pernah ketemu.
Gue sih ga terlalu ngurusin cerita cinta mereka, di film ini gue lebih ngeliat keteguhan hari dua orang guru ini yang bener - bener 'niat' menjadi guru. Ga cuma mengajar formal, guru - guru ini juga menjaga dan melindungi murid - muridnya. Terus metode belajar mereka juga leren banget. Serius, ini kayaknya ikatan batin antara guru sama murid udah kayak keluarga sendiri. Kalau kaya gini pasti muridnya betah ke sekolah.
Gue yakin kalo semua guru di Indonesia dan dunia kayak gini pasti ngehasilin murid yang ga cuma pinter di akademik, tapi di non akademik, tata krama, norma dan sebagainya juga bakalan berhasil.
Ini film recomended banget buat kalian - kalian yang baca blog ini. Musti di tonton. Dan semoga menjadi pelajaran bagi kita semua.

Oke. Udahan ya. Maap kalo kurang jelas atau kurang dimengerti tulisan gue kali ini, gue emang ga bakat kalo nyeritain sinopsis kaya beginian. Kalo mau tanya - tanya lebih lanjut bisa email gue atau hubungin lewat berbagai sosial media gue. insyaAllah, bakalan cepet gue bales.


Bye,
Assalammu'alaikum...

You Might Also Like

0 komentar