Kaleidoskop 2014

12/30/2014

Hey, Assalammu'alaikun

Udah tanggal 30 Desember 2014 aja nih, sehari lagi udah ganti tahun, sedih, banyak kenangan, tapi hidup musti maju terus ! Di postingan kali ini gue mau berbagi cerita hal - hal apa saja yang gue lakuin, yang gue dapet selama setahun ini.
Adegan dalam film 5 Centimeter persecond

1. New Year Eve 2014

Malam tahun baru gue seperti biasa sih, sederhana, ngumpul sama temen - temen, biasalah anak kos, anak perantauan, jadi tahun 2014 kemarin tahun ke-2 gue tahun baru di tanah rantau. Malam tahun baru 2014 gue sama temen - temen punya rencana mendadak, kita ke alun - alun utara kota Yogyakarta. Widih rame banget, sumpah ga bisa gerak sama sekali, sumpek banget deh, tapi karena bareng temen - temen jadi kita masih bisa ngebawa hepi. nih cuplikannya




A photo posted by Adityo S. Halim (@adityosh) on
Btw, gue yang pake kacamata hahaha

2. Pameran UAS Komunikasi UMY

Jadi, pameran UAS itu adalah Pameran yang menampilkan seluruh karya dari seluruh angkatan mahasiswa Komunikasi UMY. Ini cuma dilakukan oleh jurusan Komunikasi doang ! keceh ga. Paling ga karya - karya kita cuma ga numpuk jadi tugas UAS doang. Nah, angkatan gue waktu itu nampilin hasil tugas praktek dari Enterpreneurship. Jadi kita diminta membentuk kelompok terus bikin usaha yang unik. Kelompok gue waktu itu bikin "Magic Breadfruit" , konsepnya kita bikin buah Sukun jadi kripik beraneka rasa.

A photo posted by Adityo S. Halim (@adityosh) on

3. Literasi Media dan Literasi Iklan

Nah, selain mata kuliah Enterpreneur, ada lagi dua mata kuliah yang menurut gue rumit tapi seru, yaitu mata kuliah Media Dakwah dan Religi (MDR) serta Dasar - dasar Peiklanan (DP). Kenapa? Karena dua matakuliah ini kita di minta melakukan Literasi sebagai tugas akhir semester. MDR dengan tugas Literasi Media dan DP dengan Literasi Iklan. Nah, di Literasi Media kita diminta untuk melakukan literasi kepada anak - anak, remaja atau orang tua, terserah pada kelompok kita maunya gimana. Nah, kelompok gue milihnya ke Remaja, kenapa? karena saat ini remaja sangat tergantung sekali kepada yang namanya media, apalagi Internet. Ceritanya bisa dilihat disini. Kalau Literasi Iklan, kita diminta membuat video seperti liputan khusus tentang iklan - iklan media luar ruang yang ga beraturan. Ceritanya bisa dilihat disini.

4. I chose Advertising to be my Future

Setelah UAS semester 3 di akhir Januari, angkatan kita akhirnya diperkenankan untuk memilih penjurusan / konsentrasi. Ada 3 konsentrasi di Komunikasi UMY, yaitu Public Relations, Broadcasting sama Advertising. Disini kita dibuat bingung untuk milih. Ini juga bagian dari masa depan kita. Termasuk gue, bingung banget ! Awal gue masuk jurusan Komunikasi adalah pengen milih Public Relations. Tapi setelah ada mata kuliah Dasar Public Relations di semester 3, akhirnya gue ga yakin. Gue bingung nih antara Broadcast sama Advert. Orang tua si pengennya gue PR, tapi gue ga masuk. Dan setelah beberapa minggu gue mikir, pertimbangkan, minta saran dan ketetapan hati, akhirnya gue milih Advertising !

5. Praktek, praktek, praktek !

Semester 4 gue dimulai dari bulan Februari 2014 ini. Dan sebagian besar matakuliahnya adalah praktek. Selama gue kuliah, semester 4 ini adalah semester paling membuat capek. Tapi gitu, jurusan komunikasi asik sih menurut gue, jadi ya capeknya tetep seru.

6. Animasi

Di semester ini gue pertama kali belajar membuat animasi. Exited banget ! walaupun yang tugas kedua ditolak dosen gara-gara kita ga nyampe deadline. Gapapa lah, tetep seru dan nambah pengalaman serta pelajaran. Hasilnya? liat disini.

A photo posted by Adityo S. Halim (@adityosh) on
7. Syuting

Semester ini kita juga belajar matakuliah Sinematography. Jadi capeknya super. Kita ada 2 projek. Petama bikin acara Tv tausyiah, sama produksi film pendek. di produksi Tausyiah, gue jadi Editor dan di Film Pendek gue jadi soundman, ngerangkap jadi asistan abal - abalnya Editor haha.


A photo posted by Adityo S. Halim (@adityosh) on
8. Buku Literasi Media karya Mahasiswa Komunikasi UMY '12

Tahun ini juga tahun spesial buat gue. Karena di tahun ini gue di percaya menjadi salah satu penulis buku dari angkatan kita. Buku tersebut berjudul " Literasi Media - Gerakan Cerdas Mengonsumsi Media ". Terbit tanggal 10 Mei 2014. Ceritanya bisa dilihat disini.

A photo posted by Adityo S. Halim (@adityosh) on

9. Liburan

Libur semester 4 gue habisin di rumah. Yups, gue pulang kampung ke Padang, ngumpul sama orang tua, keluarga sama teman lama. Dan tahun ini gue berhasil buat orang tua panik. Selama di Jogja gue biasa kan main sampe malam, malah pulang kadang tengah malam. Nah kebiasaan ini kebawa sampe Padang, karena sebelum gue ngerantau ke Jogja gue jarang banget keluar malam, karena di Padang dulu juga ga serame sekarang mungkin dulu pasca gempa gede juga kali. Pas kemarin di Padang gue kebablasan pulang jam 11 malam, padahal gue keluar dari jam 2 siang. Tapi nyampe rumah juga ga dimarahin sih, cuma nanya doang, kenapa sms sama telpon ga dibales, gue jawab aja lagi bawa motor. Oiya, liburan kemaren gue juga ketemu temen lama banget. Temen sebangku gue waktu SMP, yang pas lulus SMP pindah ke Palu, Sulawesi, kebetulan kemarin lagi pulang ke Bukittinggi, yaudah ketemu. Hahah



A photo posted by Adityo S. Halim (@adityosh) on

A photo posted by Adityo S. Halim (@adityosh) on

A photo posted by Adityo S. Halim (@adityosh) on
10. Naik Pesawat Rusak

Akhir Agustus gue balik ke Jogja, naik salah satu maskapai berbiaya murah (tapi tetep aja mahal kalo rutenya PDG - JOG). Padang ke Jakarta sih oke - oke aja pesawatnya, paling agak gedeg sama anak - anak yang lari-larian, teriak-teriak sama ganggu penumpang di cabin pesawat, dan anehnya awak cabin nya diem doang ga ngelarang. Yaudah pas transit gue musti nunggu kira - kira kurang lebih 4 jam. Oke ga masalah. Kesel gue muncul waktu ada pemberitahuan kalo pesawatnya delay 1,5 jam. Yaudah, sabar. Nah, akhirnya boarding tiba. Masuk ke pesawat. Eh ada yang aneh, kok sumpek banget, gue keringetan juga, gue kira gue doang yang ngerasain, eh, gue liat kiri - kanan - depan - belakang ternyata penumpang pada ngipas - ngipas. Blas, ACnya mati ternyata. AC-nya MATI. Pesawat AC nya mati parah banget kan? Mana ga ada fentilasi *yaiyalah*, PANASA BANGET berasa di panggang. Terus sebelum jalan, waktu awak cabinnya lagi nerangin keselamatan, lampunya hidup - mati beberapa kali. Gue langsung cemas. Nah yang bikin gue tambah cemas, pas pesawat mulai take off, pesawatnya bunyi kayak besi karatan pengen lepas. Trus ada salah satu penumpang yang teriak lagi, "ini pesawatnya ga bener nih, ga bener banget, kalian doa aja semoga selamat kita". Nah loh, gue cemas beneran, pengen tidur ga bisa juga. Duuh. AKHIRNYA, kita nymape Jogja dengan selamat. Horraaayyyy. Gue bener pengen cepet keluar dari pesawat ini. Ngeri ! Nah, pas berenti, kita udah siap-siap mau keluar ada sesuatu terjadi. PINTUnya GA BISA DIBUKA alias PINTUnya RUSAK ! Jadi kita musti nunggu di dalam pesawat selama 30 MENIT, TANPA AC ! AAAH, Gue ga mau lagi naik maskapai mearah itu lagi ! Pas keluar rasanya adem banget, udara malam coy. Gue buru ke dalam nunggu bagasi gue. Penderitaan kita para penumpang belum selesai, karena keleletan maskapainya kali ya, gue nunggu bagasi lebih dari 1 jam. 1 JAM coy ! gue desak - desakan, berdiri, panas, capek !
Gue ga mau lagi naik pesawat itu. Kemaren aja pas emak gue ke sini. Pas balik ke Padang ga gue ijinin naik maskapai merah itu.

11. Pertama Kali Ke - SOLO !

Gue kan aslinya orang Klaten. Jadi dari kecil sering lah ke Klaten kalo lagi ada rejeki dan pas liburan. Nah, selama ini juga, gue belum pernah ke Solo. Padahal Solo cuma 1 jam doang dari Klaten, 2 jam lah dari Jogja. Jadi pas pertama kalinya gue ke Solo, gue excited banget. Demi deh ! Jadi waktu itu, beberapa hari sebelum masuk kuliah semester 5 sekitar awal September mungkin, kita, gue dan teman - teman ke Solo, ngisi sisa liburan naik Kereta. Nah, pas akhir November gue ke Solo lagi buat ke dua kali. Yang kedua kali ini lah gue lebih banyak jelajah kota Solo, karena gue bawa motor sendiri. Jadi lebih leluasa. Solo keren coy ! Kotanya gede, bersih, ga macet juga.

A photo posted by Adityo S. Halim (@adityosh) on

A photo posted by Adityo S. Halim (@adityosh) on

12. Masuk Nominasi Communication Awards #9

Nah, di November juga gue masuk Nominasi Communication Award yang ke-9 dalam kompetisi Feature Writing Competition. Ga menang sih, tapi paling ga udah jadi pelajaran buat gue. Ngebuat gue berani ikut - ikut kompetisi. Buat gue lebih percaya diri lah.

13. Movie !

Nah, di akhir bulan di tahun 2014, Desember, ini gue kebanyakan libur. Ga ada kuliah. Ga ada kerjaan. Jadi gue lebih sering nonton film. Ada beberapa film seru yang gue tonton dan recomendasi banget. Hunger Games pertama sampe Mockingjay, terus Teachers Diary, film Jepang One Litre of Tears sama 5 cm persecond, film korea The Tower sama Thread of Lies, The Maze Runner, The Devil, the Lego movie, Malevicent, Rectoverso, dan masih banyak lagi, sama gue lagi banyak ngikutin film anime yang series.

Nah, nah, itu dia beberapa kaleideskop gue di tahun 2014. Masih banyak yang lainnya sih tapi kepanjangan kalo gue ceritain semua. Sehari lagi udah ganti tahun, 2015. Semoga gue dan para pembaca bisa jauh lebih baik, lebih dewasa, lebih sukses di tahun 2015. AMIN.
Syip~ udahan ya. Nantikan cerita gue di tahun depan.

Bye,
Assalammu'alaikum.

You Might Also Like

0 komentar