Literasi Media - Pengalaman dari Laskar Literasi Media

4/14/2014

Hay -  Assalammualaikum

Wow udah di hari ketiga dan di tulisan ketiga nih aku nulis blog. Jarang - jarang nih mau nulis padahal lagi minggu - minggu UTS atau kalo jurusan aku bilang minggu Uji Kompetensi (UK) 2. Yup, di jurusan aku ini ga ada UTS atau UAS yang ada selama satu semester kita dapat 4 kali UK dan kebanyakan tugas praktek. Cuaapek nya pake banget, pikiran dipake teruuss, tapi jujur seru banget. Kayak semester tahun lalu nih, UK 4 dari mata kuliah Media Dakwah & Religi (MDR) kita mendapatkan tugas untuk melakukan Literasi Media kepada masyarakat, boleh komunitas, warga komplek, anak sekolahan, anak TPA, atau ibu - ibu pengajian yang penting pengolahan materi yang kita kasih ke target cocok.

Nah, di sini teman - teman beragam nih pilih targetnya siapa aja sama mau ngasih materi apa. Ada yang targetnya anak SD, SMP, SMA, Ibu - ibu pengajian, warga komplek, dan sebagainya, terus materinya juga beragam, ada yang ngasih materi tentang menonton tv yang sehat, menggunaan internet dan lainnya. Kelompok aku atau anak - anak jurusan manggil kelompok ini dengan sebuta laskar literasi media ini, kita memilih salah satu komunitas remaja di Yogyakarta yang anggotanya anak - anak SMA. Materi yang kita kasih tentang penggunaan jejaring sosial yang sehat berhubung saat ini di kalangan remaja banyak sekali jejaring sosial yang muncul.

Awal dikasih tugas ini, jujur kita bingung banget. Bikin proposal, surat izin, mencari target, ngatur jadwal, siapin tempat, materinya apa aja, pokoknya banyak banget. Kalo udah kayak gini dikelompok, Emosi jelas pasti ada, ketidak jelasan, ruwet, banyak lah. Tapi, pas dijalanin, alhamdulillah sekali, syukur banget, sukses walaupun banyak kendala sebenarnya.

Kelompok laskar literasi media saya
Setelah semua selesai, wow, lega banget, semua capek selesai, tapi ini pengalaman banget. Kita dituntut untuk sadar duluan dalam penggunaan media dan setelah itu kita harus mencoba memberikan informasi ini kepada masyarakat.

Tapi, tunggu dulu, ternyata belum berakhir. Salah satu anak di jurusan kami ada yang mempunyai ide untuk membukukan kegiatan kami ini. Jurusan dan semua dosen setuju dan mendukung. Jadi, beberapa kelompok mengirim satu atau dua orang untuk menjadi penulis di buku ini. Kebetulan dari kelompok aku, aku yang ditunjuk untuk jadi penulis. Ya, gapapa biar menjadi portofolio dan belajar menjadi penulis juga. Ada 19 penulis di angkatan kita ini dan ini menjadi buku dari Jurusan Komunikasi angkatan 2012.

Dari awal Januari 2014 itu kita udah nulis selama sebulan tentang apa sih itu literasi media, bagaimana mengkonsumsi media yang baik dan bagaimana cara kita melakukan literasi media, pokoknya semuanya ada. Rencana, buku ini launching tanggal 10 Mei 2014 di Perpustakaan Kota Yogyakarta (tanggal & tempat belum fix). Mungkin bagi kamu yang baca boleh datang dan nanti beli buku kita ini. haha

Oke deh. sekian dulu tulisan ini. Yang lagi nunggu kabar kepastian launching buku ini, insyaAllah di postingan blog selanjutnya atau stay tune di semua official socmed yang aku punya atau mungkin boleh langsung e-mail aku, yang belum kenal mungkin mau sekalian kenalan. halah. hahaha

Oke sekian. terimakasih sudah membaca !

You Might Also Like

0 komentar